Migrasi data dari MsSQL ke MySQL dengan Type Image

Ternyata sudah lamaa sekali nggak nge-blog, hehe

Alhamdulillah di bulan ini dapat proyek untuk membangun aplikasi perpustakaan berbasis web. Instansi tersebut sebenarnya sudah memiliki system perpustakaan, tapi berbasis desktop dan menggunakan MsSQL pula. Selain itu juga ditemukannya bug dalam opac yang menganggu dan perbaikannya dengan mengundang vendor pun sulit. Alasan untuk kemudian dibangun berbasis web adalah untuk kemudahan maintenance dan pengembangannya. Karena selama ini pihak IT instansi tersebut kesulitan untuk melakukan perbaikan bug jika menemukan error padahal vendor-nya pun nan jauh di sana. Selain itu untuk melakukan penambahan fitur juga sangat sulit dilakukan jika tidak dikatakan tidak bisa.

Maka dikembangkanlah aplikasi perpustakaan yang berbasis web. Pembangunan Sistem Informasi Perpustakaan ini berbasis web PHP dengan database MySQL. Oia system ini juga menggunakan framework CodeIgniter yang sudah di custome dan sudah menggunakan ajax. Nah masalah kemudian muncul saat akan dilakukan migrasi data.

Ternyata file foto anggota disimpan dalam type Image di MsSQL…

Opsi pertama adalah memindahkan seluruh table dalam MsSQL ke dalam MySQL dengan SQLYog. Ternyata saat menggunakan SQLYog dengan migration Toolkit dan sampai pada file image itu, maka proses menjadi tidak selesai-selesai. Sebenarnya saya sudah berusaha bersabar untuk menunggu proses ini, tapi senyatanya proses seolah tidak jelas ujung pangkalnya. Walaupun di layar tampak proses pemindahan, tapi sepertinya prosesnya tidak maju-maju. Alhasil opsi ini gagal.

Proses migrasi dengan menggunakan SQLYog

Tetapi ketika kemudian field dengan type Image tidak diikutkan, maka proses pemindahan menjadi sangat cepat.

Kesimpulan, cara ini akan efektif untuk melakukan migrasi data ketika tidak ada field MsSQL yang bertipe Image

Karena opsi pertama menemui jalan buntu, maka saya kemudian melakukan dengan opsi kedua. Jika yang pertama adalah dengan melakukannya dari tool untuk MySQL, maka saya mencoba untuk menggunakan tool yang biasa dipakai untuk manajemen MsSQL, yaitu dengan EMS, SQL Manager 2008. Pada EMS, migrasi data dilakukan dengan memanfaatkan opsi untuk mem-backup data dalam bentuk file sql maupun csv.

Sayang, csv option yang disediakan oleh EMS sangat sedikit, sehingga ketika hasilnya saya import ke dalam MySQL, maka proses ini pun gagal karena ketidak sesuaian standard parameter yang digunakan.

Maka langkah kedua saya ambil dengan melakukan Export as SQL

Ketika kita mengikuti wizard ini sampai selesai, maka akan terbentuk sebuah file sql yang cukup besar. Saya lega, karena akhirnya proses eksport ke dalam SQL script ternyata berhasil dengan ukuran file yang lumayan besar. Wajar saja karena ada file Image di dalamnya. Saatnya untuk kemudian meng-import ke dalam MySQL. Dan ternyata… gagal. Fiuh.
Selidik punya selidik, ternyata file hasil export menunjukkan bahwa data type Image tidak diberi tanda apostrof (koma atas). Ketika salah satu baris saya tambahkan tanda ini, maka menjadi bisa, tapi gimana mau nambahin tiap baris ? Hadu2…

Bersambung tulisan selanjutnya….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: