Kopi Joss Utara Stasiun Tugu

Jika di Meulaboh terdapat Kopi Terbalik, maka di Jogja terdapat kopi yang unik juga, yang dikenal dengan kopi joss

Ba’da Maghrib kami bersepeda motor, berlima, menuju Malioboro. Seperti biasa jalan lumayan padat. Tetapi sungguh Alhamdulillah, karena tampaknya kepadatan jalan di Jogja ini belum semeriah di Jakarta… Sampai di Malioboro kami parkir sepeda motor dan berjalan menuju angkringan kopi joss yang terdapat di Utara Stasiun Tugu melewati rel yang hanya boleh dilewati kendaraan tidak bermotor, ataupun jika kita ingin melewati dengan motor bolah-boleh saja, asal dituntun. Tetapi jika anda tetap ingin nekat mengendarai sepeda motor melawati jalan ini, tampaknya pak polisi akan sudah sangat siap menyambut anda…

dasc00019

Jika di Meulaboh terdapat Kopi Terbalik, maka di Jogja terdapat kopi yang unik juga, yang dikenal dengan kopi joss. Sebenarnya sederhana saja, kopi biasa yang dicemplungi/dimasuki dengan arang membara. Walaupun sejujurnya saya tidak melihat sendiri apakah memang benar arang dimasukkan dalam posisi membara. Agak aneh memang, atau ganjil kedengarannya. Dan kayaknya yang aneh-aneh gini memang disengaja untuk membuat orang penasaran. Dan popularitas kopi sendiri kayaknya memang agak naik belakangan ini, dengan adanya kopi setarbak misalnya.

27641setarbak

Berkaitan dengan yang aneh-aneh begini, selain kopi joss, kita pun kenal dengan yang namanya nasi bakar. Saya rasa ini juga menggunakan logika yang sama. Nasi goreng itu sudah biyasa. Apalagi nasi liwet…

Tentang rasa jangan ditanya, karena kalo ditanya saya juga susah menjawabnya :D. Saya sendiri jarang minum kopi, kalaupun minum kopi, maka itu adalah kopi susu instan. Namun yang jelas rasanya masih tetap kopi dan bukan arang….

adsc00021

Tempat ini cukup nyaman. Berada di pinggir jalan dengan memanfaatkan penerangan dari lampu jalan. Ngobrol santai ditemani kopi joss dan nasi kucing [sego kucing] khas angkringan. Untuk sego kucing dan gorengannya saya rasakan sangat nikmat. Mungkin memang karena sudah kelaparan dari awalnya ditambah suasana santai. Semakin malam, tempat ini kelihatan makin ramai dipadati pengunjung. Dan jika anda berniat ke sini tengah malam juga tidak masalah, karena kopi joss ini buka sampai jam 3 pagi.

dsc00025

Dan Jika kemudian kita bertanya, apa manfaat kopi itu dengan dicemplungi arang ? Sejujurnya saya tidak tahu, mungkin bisa anda tanyakan ke penjualnya jika anda berkunjung ke sana.…

Catatan :

–          Saya dan teman berinisial Z sangat ngantuk ketika sudah sampai rumah/kos dan tidak lama kemudian sudah terkapar tidak berdaya.

–          Tetapi teman berinisial A ternyata menjadi terjaga dan susah tidur.

–          Mitos kopi : Jika anda masih ingin melek, maka minum saja kopi.

9 responses

  1. pernah juga kesana fiq, ama saudara jauhmu yang ngajak…rasanya lumayan…unik juga…ada tanda trans tv yang dipasang..di tendanya…berarti terkenal banget ya…

  2. Rasa kopi Arang nya lumayan hampir sama dengan kopi yang kebanyakan di aceh.

  3. hmm… rasanya gimana sih? 😕 kopi campur areng? 😕
    ini nyasar ke sini gara2 iseng browsing berhubung saya nanti akan mencobanya untuk pertama kali setelah bertahun-tahun di jogja 😛

    1. klo mnurut saya si biasa aja, mngingat saya jg bkn pnggemar kopi yg gmana gtu 😀 Mkn pnilaian yg lebih valid adalah komentar bang Azwar d atas yg asli aceh

  4. yang setarbak ijin upload di http://yanganeh.com yaaa 😀

  5. […] diambil dari blog ini On 18th […]

  6. om aku ijin ngambil gambar starbak nya ya..nuwun dab

  7. kopi joss layak go internasional

  8. wah, saya sudah sering mampir & nongkrong bareng temen2 di angkringan utara stasiun tugu , tapi belum pernah nyobain kopi joss…
    rasanya gimana mas? panas nggak?
    nggak sabar pengen nyoba
    hehehe

Tinggalkan komentar